JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN (Ke-1)
Modul 1.1. Refleksi Filosofi Pendidikan
Nasional-KHD
Pendidikan Guru
Penggerak
Angkatan 10 Kabupaten
Bekasi Jawa Barat
Oleh: DEDE YUSUF
SMAN 1 CIKARANG TIMUR
Pada jurnal dwi mingguan ke-1 ini
saya menggunakan model 4F, F yang pertama adalah Fact menggambarkan peristiwa apa saja yang saya alami selama
pembelajaran 2 minggu ini. F yang kedua
adalah Feeling menggambarkan perasaan
yang saya alami selama pembelajaran 2 minggu ini. F yang ketiga adalah Finding atau pembelajaran, jadi selama 2
minggu ini saya sudah memperoleh pembelajaran apa saja. Kemudian F yang
terakhir adalah Future atau penerapan
atau implementasi penjabaran perbaikan pengajaran/ KBM atau hal-hal apa saja
yang peroleh selama pembelajaran 2 minggu ini.
F yang pertama
yakni Fact atau peristiwa. Peristiwa yang pertama
adalah saya mengikuti beberapa pertemuan virtual dengan ibu fasilitator saya
yaitu Ibu Yuyun Yuningsih, M.Pd dari Cileunyi Bandung dan ada pertemuan pertama
secara tatap muka yaitu Lokakarya Orientasi bersama pengajar praktik saya Bapak
Angga Wahidin, S.Pd. Alhamdulillah saya bersyukur kepada Allah Yang Maha Kuasa
sehingga saya juga mampu menyelesaikan tugas-tugas yang terdapat pada LMS atau Learning Management System Guru
Penggerak Modul 1.1 ini diantaranya yakni Tugas 1.1.a.4 Eksplorasi Konsep
Pemikiran Ki Hadjar Dewantara : https://www.youtube.com/watch?v=kqfAKd7rSss, kemudian Ruang Kolaborasi 1.1.a.5.2
bersama rekan Guru Penggerak lainnya di link berikut ini https://www.youtube.com/watch?v=VoBxofsWhqs, dan membuat tugas video demonstrasi
kontekstual pemikiran Ki Hadjar Dewantara yang dapat diakses pada laman ini: https://www.youtube.com/watch?v=bDtudEJJyjk
. Kemudian saya juga mengikuti
webinar konferensi Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara dengan Instruktur,
dimana saya bisa mengamati dan mengambil hal-hal baik dari praktik baik sekolah
yang sudah menerapkan filosofi Ki Hajar Dewantara. Selanjutnya, saya juga sudah
menyusun koneksi antar materi berupa kesimpulan dan refleksi pemikiran Ki Hajar
dewantara yang dapat diakses pada laman berikut ini: https://youtu.be/HFlWxjznVww?si=DKjg8Av5Tb9Fn_1x
. dan yang yang terakhir adalah
menentukan jadwal pendampingan individu dengan pengajar praktik.
Feeling atau perasaan mengikuti pendidikan
selama 2 minggu ini yakni seru, optimis, bahagia, senang dan mulai percaya diri
saya meningkat. Kemudian Finding atau
pembelajaran pada 2 minggu ini saya bisa mendemonstrasikan pemikiran Ki Hadjar
Dewantara dalam karya kontekstual. Saya juga mengambil praktik baik dari
pemikiran Ki Hajar Dewantara setelah saya mengikuti webinar konferensi filosofi
Ki Hajar Dewantara Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 10. Kemudian saya juga
bisa menyimpulkan dan membuat refleksi pemikiran Ki Hajar Dewantara.
Pada Future atau penerapan diantaranya yang pertama yaitu pendidikan
budi pekerti yang terintegrasi dengan pembelajaran. Yang kedua mendidik siswa
dengan penuh rasa kasih sayang. Yang ketiga membentuk karakter dan budi pekerti
yang baik dengan memberikan teladan yang baik kita sebagai pendidik dan
melakukan pembiasaan budaya positif 5S (senyum, salam, sapa, sopan dan santun),
rasa empati dengan sesama, serta menjalankan ibadah sesuai dengan keyakinan
masing - masing. Yang keempat yakni membentuk kepedulian anak didik dengan
lingkungan sekitar kita.
Demikian refleksi dwi mingguan ini
saya buat. Terima kasih kepada semua pihak yang terlibat.
Lampiran: Foto Kegiatan Lokakarya Orientasi dan Kegiatan
Konferensi.