JURNAL REFLEKSI
EPISODE Ke-2
Modul 2 ber
ORIENTASI PELAYANAN
Pelatihan
SISTA PRAJA
Sistem
Pembelajaran Aparatur Jabar Diajar
Oleh: DEDE
YUSUF, S.Kom
SMAN 1
CIKARANG TIMUR
Pada jurnal
episode ke-2 ini saya menggunakan model 4F, F yang pertama adalah Fact
menggambarkan peristiwa apa saja yang saya alami selama pembelajaran ini. F yang kedua adalah Feeling menggambarkan
perasaan yang saya alami selama pembelajaran ini. F yang ketiga adalah Finding
atau pembelajaran, jadi selama pembelajaran ini saya sudah memperoleh
pembelajaran apa saja. Kemudian F yang terakhir adalah Future atau penerapan
atau implementasi penjabaran perbaikan atau hal-hal apa saja yang peroleh
selama pembelajaran ini.
F yang pertama yakni Fact atau peristiwa. Peristiwa yang pertama adalah
saya mengikuti materi dari di LMS tentang Pelatihan Diklat sista Praja ini,
saya menyambut baik pelatihan ini dilaksanakan secara daring dan berbasis LMS
dari dinas BPSDM Provinsi Jawa Barat dan Alhamdulillah saya bersyukur kepada
Allah Yang Maha Kuasa bisa Login dan
ikut dalam pelatihan ini. Kemudian kita menjalani sistem pembelajaran secara
daring merdeka, bisa kapan saja dan dimana saja dengan menggunakan gawai kita.
Adapun episode kedua yaitu Berorientasi Pelayanan. Adapaun pedoman perilaku
berorientasi pelayanan adalah memahami dan memenuhi kebutuhan masyarakat
Kemudian kita sebagai ASN bersikap ramah, cekatan, solutif dan dapat diandalkan
dan melakukan perbaikan tiada henti atau peningkatan kompentensi kita. Semangat dari penyeragaman core values ini
adalah untuk membangun kesadaran, pemahaman hingga akhirnya implementasi budaya
kerja sesuai core values menjadi mindset seluruh ASN dalam menjalankan
tugasnya.
Adapun F
yang ke dua. Feeling atau perasaan mengikuti pendidikan selama ini yakni seru,
optimis, bahagia, senang dan mulai percaya diri saya meningkat. Kemudian
Finding atau pembelajaran pada minggu ini saya bisa memahami dan mengulang
kembali materi saat kita dulu Orientasi PPPK atau diklat prajabatan yaitu
pentingnya core value ASN berAkhlak ini.
Pada Future
atau penerapan diantaranya saya berharap dapat melakukan pembiasaan budaya positif pelayanan yang baik
sesuai tujuan Undang undang nomor 5 tahun 2014 ASN berfungsi sebagai berikut :
menjadi pelaksana kebijakan publik, menjadi pelayan publik, menjadi perekat dan
pemersatu bangsa. Dan melaksanakan pelayanan yang berpedoman 5S (senyum, salam,
sapa, sopan dan santun), rasa empati dengan sesama, serta menjalankan ibadah
sesuai dengan keyakinan masing - masing. Berikutnya yakni saya sebagai guru
tenaga pendidik berusaha dan berupaya membentuk budi pekerti dan akhlak mulia
serta kepedulian anak didik dengan lingkungan sekitar kita sehingga mencapai
tujuan anak bangsa demi kebahagiaan dan masa depan mereka di masyarakat kelak.
Demikian
refleksi learning jurnal episode 2 ini saya buat. Terima kasih kepada semua
pihak yang terlibat.