MODUL 1.2 GURU PENGGERAK

"NILAI DAN PERAN GURU PENGGERAK"

 1.2.a.3. Mulai dari diri - Modul 1.2

Durasi : 1 JP
Moda : Pembelajaran Mandiri 


Tujuan Pembelajaran Khusus

  1. CGP dapat mengidentifikasi nilai-nilai diri sendiri, yang selama ini melekat dalam pribadinya.
  2. CGP dapat menjelaskan peran dirinya sebagai seorang Guru di dalam lingkungan sekolahnya masing-masing

Selamat datang Bapak/Ibu CGP di Pembelajaran pertama dalam Modul 1.2 ini!

Pada kesempatan ini, pembelajaran akan dimulai dengan membuat diagram trapesium usia dan menjawab beberapa pertanyaan mengenai diri Bapak/Ibu. Agar mendapatkan manfaat yang maksimal dari kegiatan ini, hal yang perlu diperhatikan ketika menjawab pertanyaan nanti adalah kejujuran Bapak/Ibu dalam memberikan jawaban. Tidak ada jawaban benar ataupun salah. Apa yang menjadi pertanyaan hanyalah upaya untuk membantu menggali pengalaman serta nilai diri Bapak/Ibu sendiri. Silakan jawab semua jangan sampai terlewat. Ambil waktu khusus agar dapat mengerjakannya dengan tenang. Selamat Mengerjakan!

Kegiatan 1. Trapesium usia 
(Kegiatan ini adalah hasil kolaborasi Ifa Hanifah Misbach, M.A., Psikolog (Ketua Tim Pengembang Jabar Masagi) dan Alm. Prof. Dr. H. Sutardjo A. Wiramihardja, Psikolog (Guru Besar Emeritus Fakultas Psikologi Unpad) beberapa tahun yang lalu.)

Di sini Bapak/Ibu akan membuat Diagram Trapesium Usia-nya sendiri dengan mengikuti instruksi berikut:

  1. Buatlah garis miring naik ke atas (sisi kiri), tuliskan usia saat Bapak/Ibu menyelesaikan masa sekolah pada ujung garis tersebut.
  2. Lanjutkan dengan membuat garis mendatar (tengah), yang menunjukkan usia kerja. Pada salah satu titik di garis tersebut, tuliskan angka yang menunjukkan usia saat ini.
  3. Buatlah garis miring menurun (sisi kanan) untuk menandakan masa pensiun.
  4. Ingatlah dua peristiwa penting pada masa sekolah; satu peristiwa bernuansa positif dan satu lagi yang negatif yang terkait relasi Bapak/Ibu dengan guru pada rentang usia PAUD sampai sekolah menengah (4-17 tahun).
  5. Pada bagian garis miring naik ke atas (sisi kiri), tulis angka yang menunjukkan pada usia berapa kedua peristiwa tersebut terjadi (misalnya: umur 7 dan 12 tahun).
  6. Hitunglah selisih dari usia Bapak/Ibu sekarang dan usia pada saat kedua peristiwa tersebut terjadi.

[sumber: Modul pendidikan karakter Jabar Masagi]

 Tugas 1. Refleksi

Jika Bapak/Ibu sudah membuat diagram trapesium usia ini, jawablah pertanyaan berikut:

  1. Apa peristiwa positif dan negatif yang saya tuliskan di sana?
  2. Selain saya, siapa lagi yang terlibat di dalam masing-masing peristiwa tersebut?
  3. Dampak emosi apa saja yang saya rasakan hingga sekarang? (silakan gunakan roda emosi Plutchik di Gambar 2 untuk mengidentifikasi persisnya perasaan Bapak/Ibu di masa itu)
  4. Mengapa momen yang terjadi di masa sekolah masih dapat saya rasakan dan masih dapat memengaruhi diri saya di masa sekarang?
  5. Pelajaran hidup apa yang saya peroleh dari kegiatan trapesium usia dan roda emosi, terkait peran saya sebagai guru terhadap peserta didik saya?
  6. Bagaimana saya menuliskan nilai-nilai yang saya yakini sebagai seorang Guru, dalam 1 atau 2 kalimat menggunakan kata-kata: "guru", "murid", "belajar", "makna", "peran"?

 Tugas 2Nilai dan peran guru penggerak menurut saya

  1. Apa nilai-nilai dalam diri saya yang membantu saya menggerakkan murid, rekan guru, dan komunitas sekolah saya?
  2. Apa peran yang selama ini saya mainkan dalam menggerakkan murid, rekan guru, dan komunitas sekolah saya?



Mulai Dari Diri Tugas 1.2

Visible to participants on this course


Trapesium Usia


Tugas 1. Refleksi

  1. Apa peristiwa positif dan negatif yang saya tuliskan di sana?

Jawab :

A.    Peristiwa Positif yang saya alami Ketika hendak mengakhirkan studi saya pada jenjang SMA/STM tepatnya berusia 18 tahun adalah ketika itu ada kesempatan berbicara di sebelah warung atau kantin sekolah seorang Ibu guru yang pernah mengajarkan palajaran matematika di kelas 2 STM/ SMA tiba-tiba menghampiri saya dan berdialog serta memotivasi hidup saya untuk dapat bisa dan berusaha mengejar pendidikan tinggi, dimana kala itu, kondisi saya merupakan sudah tidak ada biaya lagi untuk melanjutkan perguruan tinggi, karna untuk biaya sekolah saat itu pun saya biaya sendiri (sambil jualan kredit pakaian keliling) dan mengandalkan beasiswa dari sekolah. Dengan tekad yang hanya bermodalkan keprihatinan dan niat serta tekad yang kuat. Alhamdulillah Allah berikan jalan keluar untuk kerja sambil kuliah dan pada akhirnya lulus kuliah, tidak hanya disitu saya pun di tawarkan untuk jadi Dosen Tetap ketika itu, mungkin karna saya salah satu 3 dari teman se-fakultas Prodi Informatika yang lebih dahulu menyelesaikan skripsi dan projek kerja. Sebuah kebanggaan yang luar biasa yang saya dapatkan walau saya menolak karna pada saat itu saya sudah bekerja di tempat lain.

 

B.    Peristiwa Negatif yang pernah saya alami ketika di bangku SMP/ Mts, dimana ketika itu usia saya beranjak 14  tahun, adalah saya jarang ikut apel dan upacara. Saya sebenarnya datang lebih awal di sekolah namun saya kadang tidur atau ketiduran di pinggiran mushola di sebelah teras yang memang tinggi dan tidak terdengar lonceng dan ketika apel dilaksanakan. Dan perlu di ketahui saya ke sekolah jalan kaki yang berkisar jaraknya ± 6,5 KM. Adakalanya beberapa Bapak atau Ibu Guru yang keliling sekolah dan menemukan saya yang tertidur di mushola dan di bangunkan serta diajukan beberapa pertanyaan sebelum di ijinkan masuk ke kelas. Disini saya selalu minta informasi kepada teman-teman terkait informasi apel dan upacara yang memang saya sangat jarang dalam ikut upacara.

 

  1. Selain saya, siapa lagi yang terlibat di dalam masing-masing peristiwa tersebut?

Jawab :

A.    Dari peristiwa positif yang terlibat sudah tentu :

2.1.         Allah SWT. yang mengarahkan takdir dan kuasanya ke arah jalan terbaik menuju ridho nya.

2.2.         Nabi Muhammad SAW. Sebagai panutan hidup saya.

 

2.3.         Orang tua walau sebelah dan dengan keterbatasan finansial namun berkat doa nyalah yang yang menuntun, membimbing saya menggapai ridho dan keberhasilan hingga saat ini

2.4.         Bapak Ibu /guru, terutama Bu Lina yang dengan kesediaan nya memberikan motivasi dan pandangan betapa pentingnya untuk melanjutkan kuliah.

B.    Dari Peristiwa Negatif

Dalam peristiwa negatif yang terlibat adalah saya sendiri, Bapak/ Ibu Guru dan orang tua asuh.

  1. Dampak emosi apa saja yang saya rasakan hingga sekarang? (silakan gunakan roda emosi Plutchik di Gambar 2 untuk mengidentifikasi persisnya perasaan Bapak/Ibu di masa itu)

Jawab.

Dampak Emosi yang saya Rasakan hingga sekarang adalah :

ü  Menerima                                

ü  Percaya

ü  Optimis

ü  Cinta dan

ü  Ketenangan

  1. Mengapa momen yang terjadi di masa sekolah masih dapat saya rasakan dan masih dapat memengaruhi diri saya di masa sekarang?

Jawab :

Karna secara fsikologis memori dalam jiwa dan pikiran dari sebuah peristiwa yang di rasakan dan pengaruh bagi diri, baik itu peristiwa Positif maupun negatif akan selalu bersemayam di dalam akal pikiran dan hati sanubari yang menjadi fitrah manusia.

 

  1. Pelajaran hidup apa yang saya peroleh dari kegiatan trapesium usia dan roda emosi, terkait peran saya sebagai guru terhadap peserta didik saya?

Jawab :

Pelajaran hidup yang saya peroleh dari kegiatan trapesium usia dan roda emosi adalah kilas balik kebelakang bahwa proses hidup ini penuh dengan perjuangan, kesungguhan dan cita-cita luhur mulai dari diri sendiri dulu untul mencoba hal – hal baru yang sekiranya itu adalah hal yang positif, tingkatkan energi positif diri dan kembangkan karna itu adalah kekuatan yang ada dalam diri kita. Buang energi negatif dalam hidup ini agar kita kita tahu kelemahan dan kekuatan apa yang ada di depan kita untuk meraih keberhasilan dan kebahagiaan.

  1. Bagaimana saya menuliskan nilai-nilai yang saya yakini sebagai seorang Guru, dalam 1 atau 2 kalimat menggunakan kata-kata: "guru", "murid", "belajar", "makna", "peran"?

Jawab :

Sebagai seorang guru, saya percaya bahwa peran saya adalah untuk menjadi panutan bagi murid-murid saya, pemimpin pembelajar dan membimbing para murid dalam proses belajar mereka agar menyenangkan. Dan memberikan makna atau arti dari sebuah pembelajaran atau kehidupan itu adalah berproses, bukan semudah membalikan telapak tangan.

   

Tugas 2Nilai dan peran guru penggerak menurut saya

  1. Apa nilai-nilai dalam diri saya yang membantu saya menggerakkan murid, rekan guru, dan komunitas sekolah saya?

Jawab :

a.    Empati : memahami dan merasakan apa yang dialami oleh murid, rekan guru, dan anggota komunitas sekolah, sehingga dapat memberikan dukungan yang tepat.

b.    Kepemimpinan : Memimpin dengan contoh yang baik, menginspirasi orang lain untuk berbuat yang terbaik dan mengambil peran aktif dalam mengarahkan visi dan misi sekolah.

c.     Kolaborasi : Mengutamakan kerja sama dan kolaborasi dengan rekan guru dan anggota komunitas sekolah untuk mencapai tujuan bersama.

 

  1. Apa peran yang selama ini saya mainkan dalam menggerakkan murid, rekan guru, dan komunitas sekolah saya?

Jawab :

a.    Menjadi sumber motivasi bagi murid, membantu mereka mengatasi hambatan belajar dan menginspirasi mereka untuk meraih prestasi yang lebih tinggi.

b.    Memberikan dukungan dan sharing kepada rekan guru, berbagi pengalaman dan keterampilan, dalam pengajaran dan manajemen kelas.

c.     Mengembangkan hubungan yang kuat dengan komunitas sekolah, bekerja sama dengan siswa, orang tua, guru dan pimpinan sekolah untuk mendukung pendidikan.


Permalink 1 comment (latest comment by YUYUN YULIANI , Saturday, 20 April 2024, 3:38 PM)

TRAPESIUM USIA

Visible to participants on this course

Apa peristiwa positif dan negatif yang saya tuliskan di sana?

  • Peristiwa positif : Mengikuti berbagai perlombaan antar mahasiswa seperti dai remaja & lomba debat.
  • Peristiwa negatif : Tidak lulus pada ujian praktik dan harus mengulang

Selain saya, siapa lagi yang terlibat di dalam masing-masing peristiwa tersebut?

  • Peristiwa positif : Peristiwa tersebut melibatkan 2 orang teman sekelas
  • Peristiwa negatif : teman-teman sekelas

Permalink 1 comment (latest comment by YUYUN YULIANI , Saturday, 20 April 2024, 4:28 PM)
Junaidi Samsudin CGP Angkatan 10

Tugas Refleksi Modul 1.2

Visible to participants on this course
Edited by JUNAIDI SAMSUDIN, Thursday, 18 April 2024, 2:41 PM

https://drive.google.com/file/d/108p_hQ2XC5l1lVvmE2rRRXMbiRaImRPy/view?usp=sharing

https://drive.google.com/file/d/108p_hQ2XC5l1lVvmE2rRRXMbiRaImRPy/view?usp=sharing

Permalink 1 comment (latest comment by YUYUN YULIANI , Saturday, 20 April 2024, 4:35 PM)

Tugas 1. Refleksi

Visible to participants on this course
Edited by SUKARNI , Monday, 15 April 2024, 8:42 PM



Tugas 1. Refleksi

  1. Peristiwa positif yang saya alami adalah saya Menjadi wakil untuk perlombaan cerdas cermat mewakili sekolah di tingkat kecamatan
  2. Yang terlibat pada peristiwa positif saya adalah teman saya dan guru wali kelas saya. Sedangkan yang terlibat pada peristiwa negatif saya adalah tukang sewa baju.
  3. Dampak emosi yang saya rasakan adalah sedih dan bahagia. Bahagia saat peristiwa positif, dan sedih masih saya rasakan saat peristiwa negatif.
  4. Momen yang terjadi di masa sekolah masih dapat saya rasakan dan masih dapat mempengaruhi diri saya di masa sekarang karena saya masih mengingatnya, masih membekas di pikiran saya.
  5. Pelajaran hidup yang saya peroleh dari kegiatan trapesium usia dan roda emosi adalah pengalaman di masa lalu dapat membentuk kepribadian dan cara pandang kita terhadap dunia. Kita perlu belajar dari masa lalu dan menjadikannya sebagai pelajaran untuk masa depan.
  6. Guru harus senantiasa belajar sepanjang hayat dan mampu memberikan makna yan baik dalam proses pembelajaran sehingga dapat membentuk karakter murid sesuai dengan perannya masing - masing pada kehidupan di masa depan.

Tugas 2. Nilai dan peran guru penggerak menurut saya.

  1. Nilai - nilai dalam diri saya yang membantu saya menggerakkan murid, rekan guru, dan komunitas sekolah saya selalu mengedepankan kebutuhan dan kepentingan murid dalam setiap tindakan dan keputusan. Terus belajar dan mengembangkan diri untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Bekerja sama dengan rekan guru, staf sekolah, dan orang tua untuk mencapai tujuan bersama.
  2. Peran yang saya mainkan dalam menggerakkan murid, rekan guru, dan komunitas sekolah saya adalah menjadi contoh bagi murid dan rekan guru dalam hal pembelajaran yang inovatif dan berpusat pada murid

Permalink 1 comment (latest comment by YUYUN YULIANI , Sunday, 21 April 2024, 9:05 PM)

MULAI DARI DIRI & EKSPLORASI KONSEP

Visible to participants on this course

TUGAS 1.2.a.3 MODUL 1.2


Permalink 1 comment (latest comment by YUYUN YULIANI , Saturday, 20 April 2024, 4:49 PM)

Trapesium Usia, Nilai dan Peran Guru Penggerak

Visible to participants on this course

Kegiatan 1 Trapesium Usia


Tugas 1. Refleksi

  1. Peristiwa positif yang saya alami adalah saya mendapat rangking 1 pada saat kelas 2 SMA, saya berhasil mengalahkan juara umum saat beliau kelas 1 SMA. Pengalaman negatif yang salah alami adalah saat saya usia 5 th, saat itu saya tk. Pulang sekolah saya pikir saya tidak dijemput oleh ojek langganan saya, saya berjalan sendirian ke rumah saya, yang jaraknya lumayan hampir 1 km. 
  2. Yang terlibat pada peristiwa positif saya adalah teman saya dan guru wali kelas saya. Sedangkan yang terlibat pada peristiwa negatif saya adalah tukang ojek.
  3. Dampak emosi yang saya rasakan adalah sedih dan bahagia. Sedih masih saya rasakan saat peristiwa negatif, dan bahagia saat peristiwa positif.
  4. Momen yang terjadi di masa sekolah masih dapat saya rasakan dan masih dapat mempengaruhi diri saya di masa sekarang karena saya masih mengingatnya, masih membekas di pikiran saya.
  5. Pelajaran hidup yang saya peroleh dari kegiatan trapesium usia dan roda emosi adalah saya mempelajari suatu emosi yang positif maupaun negatif dapat bertahan lama dalam memori jangka panjang serta dapat mempengaruhi perkembangan karakter kita. Sehingga saya sebagai pendidik harus selalu berusaha untuk memberikan pengalaman - pengalaman ke peserta didik yang menimbulkan emosi positif agar karakter peserta didik berkembang semakin baik. Dari roda emosi plutchik, saya lebih bisa mengenali tentang emosi dan membedakannya serta lebih paham tentang emosi dasar manusia dan gabungan emosi tersebut akan menimbulkan suatu emosi baru. Hal ini sangat penting bagi pendidik, karena dengan mengetahui keadaan emosi peserta didik, kita bisa memberikan tindakan yang tepat dalam menyelesaikan masalah peserta didik.
  6. Guru harus senantiasa belajar sepanjang hayat dan mampu memberikan makna yan baik dalam proses pembelajaran sehingga dapat membentuk karakter murid sesuai dengan perannya masing - masing pada kehidupan di masa depan.

Tugas 2. Nilai dan peran guru penggerak menurut saya.

  1. Nilai - nilai dalam diri saya yang membantu saya menggerakkan murid, rekan guru, dan komunitas sekolah saya adalah berpihak pada murid, mandiri, dan kolaboratif.
  2. Peran yang saya mainkan dalam menggerakkan murid, rekan guru, dan komunitas sekolah saya adalah menjadi pemimpin pembelajaran dan mendorong kolaborasi.
Permalink 1 comment (latest comment by YUYUN YULIANI , Saturday, 20 April 2024, 5:01 PM)

Mulai dari diri - Modul 1.2

Visible to participants on this course

Kegiatan 1. Trapesium usia 


Tugas 1. Refleksi

  1. Apa peristiwa positif dan negatif yang saya tuliskan di sana?
    Positif : Ketika saya SMA saya diberi motivasi oleh guru saya untuk melanjutkan kuliah meskipun saat itu saya termasuk murid yang latar belakangnya kurang mampu.
    Negatif : Ketika saya SD, secara fisik saya adalah anak yang kecil daripada anak-anak yang lain. merasa tidak percaya diri dan menjadi olokan oleh teman.
  2. Selain saya, siapa lagi yang terlibat di dalam masing-masing peristiwa tersebut?
    Orang tua, guru dan teman-teman.
  3. Dampak emosi apa saja yang saya rasakan hingga sekarang? (silakan gunakan roda emosi Plutchik di Gambar 2 untuk mengidentifikasi persisnya perasaan Bapak/Ibu di masa itu)
    Perasaan sedih karena merasa tidak nyaman.
  4. Mengapa momen yang terjadi di masa sekolah masih dapat saya rasakan dan masih dapat memengaruhi diri saya di masa sekarang?
    Karena masa sekolah adalah masa-masa yang terus teringat sampai sekarang, masa-masa sekolah memilik daya ingat yang bagus baik hal yang negatif atau positif.
  5. Pelajaran hidup apa yang saya peroleh dari kegiatan trapesium usia dan roda emosi, terkait peran saya sebagai guru terhadap peserta didik saya?
    Saya menyadari pengalaman-pengalaman ketika sekolah bisa menjadi contoh untuk murid saya sekarang.
  6. Bagaimana saya menuliskan nilai-nilai yang saya yakini sebagai seorang Guru, dalam 1 atau 2 kalimat menggunakan kata-kata: "guru", "murid", "belajar", "makna", "peran"?
    Guru dan murid saling belajar, pembelajaran yang bermakna adalah peran antara murid dan guru.

 Tugas 2. Nilai dan peran guru penggerak menurut saya

  1. Apa nilai-nilai dalam diri saya yang membantu saya menggerakkan murid, rekan guru, dan komunitas sekolah saya?
    Bertanggung jawab, supel, siap diajak berkerjasama.
  2. Apa peran yang selama ini saya mainkan dalam menggerakkan murid, rekan guru, dan komunitas sekolah saya?
    melakukan yang baik dengan memberi contoh atau teladan yang baik
    .

Permalink 1 comment (latest comment by YUYUN YULIANI , Saturday, 20 April 2024, 8:10 PM)

New blog post

Visible to participants on this course


Permalink 2 comments (latest comment by Wahyuni ., Sunday, 21 April 2024, 12:44 AM)
Attachments: 
application/pdfGoogle sites.pdf

Trapesium Usia

Visible to participants on this course
Edited by SITI Hamidah, Tuesday, 2 April 2024, 10:56 PM

Ketika guru mnampu berperan memberi pengajaran dengan kebahagiaan ,ketulusan danpenuh makna, maka seorang murid aka selalu Lermotivasi untuk terus belajar tanpa rasa was-was


Permalink 1 comment (latest comment by YUYUN YULIANI , Saturday, 20 April 2024, 8:31 PM)
Foto Profil Iman

Tugas 1.2.a.3. Mulai dari diri

Visible to participants on this course

Bismilahirohamnirohim, berikut tugas yang dikerjakan pada modul 1.2.a.3 pada materi Mulai dari Diri

https://drive.google.com/file/d/12ipco9_uuTKQ0iZafQhB_ZsYngJuQdo6/view?usp=sharing




(TERGERAK, BERGERAK DAN MENGGERAKAN)

Permalink 1 comment (latest comment by YUYUN YULIANI , Sunday, 21 April 2024, 7:56 AM)

Mulai dari diri modul 1.2

Visible to participants on this course

trapesium usia

Refleksi

1.         Apa peristiwa positif dan negatif yang saya tuliskan di sana?

Peristiwa positif yang pernah saya alami pada masa sekolah yaitu selalu mendapatkan peringkat atas di kelas.

Peristiwa negatif yang pernah saya alami pada masa sekolah yaitu menjadi orang yang cengeng, saya merasa jika diejek teman-teman selalu merasa hal tersebut menusuk ke hati.

2.         Selain saya, siapa lagi yang terlibat di dalam masing-masing peristiwa tersebut?

Yang terlibat pada kejadian tersebut antara lain Orangtua, Guru-guru, Teman-teman.

3.         Dampak emosi apa saja yang saya rasakan hingga sekarang? (silakan gunakan roda emosi Plutchik di Gambar 2 untuk mengidentifikasi persisnya perasaan Bapak/Ibu di masa itu)

Dampak emosi yang terjadi yaitu perasaan sedih karena merasa tidak nyaman dalam kondisi tersebut.

4.         Mengapa momen yang terjadi di masa sekolah masih dapat saya rasakan dan masih dapat memengaruhi diri saya di masa sekarang?

Karena menurut saya pada masa sekolah merupakan masa-masa dengan usia yang masih memiliki daya ingat yang bagus, sehingga memori-memori dalam ingatan yang tersimpan adalah kejadian/momen yang menarik.

5.         Pelajaran hidup apa yang saya peroleh dari kegiatan trapesium usia dan roda emosi, terkait peran saya sebagai guru terhadap peserta didik saya?

Saya memahami bahwa pengalaman-pengalaman saya di masa lalu pada usia sekolah akan terus teringat dan menjadikan pengalaman yang bisa kita bagikan ke murid.

6.         Bagaimana saya menuliskan nilai-nilai yang saya yakini sebagai seorang Guru, dalam 1 atau 2 kalimat menggunakan kata-kata: "guru", "murid", "belajar", "makna", "peran"?

Guru mempunyai peran yang sangat vital untuk murid dalam belajar sehingga bermakna

 

 

Nilai dan peran guru penggerak menurut saya

1.         Apa nilai-nilai dalam diri saya yang membantu saya menggerakkan murid, rekan guru, dan komunitas sekolah saya?

Nilai yang ada pada diri saya yaitu bertanggungjawab. Saya akan berusaha menjalankan tugas-tugas dengan rasa tanggungjawab.

 

2.         Apa peran yang selama ini saya mainkan dalam menggerakkan murid, rekan guru, dan komunitas sekolah saya?

Saya memberikan contoh dan arahan untuk menggerakkan

Permalink 1 comment (latest comment by YUYUN YULIANI , Sunday, 21 April 2024, 8:57 PM)

Mulai dari Diri Sendiri

Visible to participants on this course

https://drive.google.com/file/d/1aLB2lRJIHkryfx0WeZiLF5EV8J1SuK_n/view?usp=sharing

Permalink 1 comment (latest comment by YUYUN YULIANI , Monday, 22 April 2024, 4:34 PM)

Tugas Mulai dari diri (Trapesium usia)

Visible to participants on this course
Edited by YENNY WIDYANINGRUM , Tuesday, 2 April 2024, 11:08 AM

https://drive.google.com/file/d/19uNldVmp25sJsaSU1-4NJ4TgnesoOUIW/view?usp=drivesdk

Permalink 1 comment (latest comment by YUYUN YULIANI , Monday, 22 April 2024, 5:17 PM)

New blog post

Visible to participants on this course
Edited by ANGGA FERMANA KAUTSAR, Tuesday, 2 April 2024, 10:27 AM

 https://drive.google.com/file/d/1-0oL6Uo7hVXNvAPCAHD-ZP3vHoq_EPbd/view?usp=drivesdk

https://drive.google.com/file/d/1-1r7T6nWrx8sZroBS6toTbT6IQrorrjn/view?usp=drivesdk





Permalink 1 comment (latest comment by YUYUN YULIANI , Monday, 22 April 2024, 4:48 PM)

Modul 1.2

Visible to participants on this course
Edited by ASMAYASARI ., Tuesday, 2 April 2024, 9:55 AM

https://drive.google.com/file/d/1aDy_YaB33SkPKDeqoRyjFUP7kG-Zqupo/view?usp=sharing



Permalink 1 comment (latest comment by YUYUN YULIANI , Monday, 22 April 2024, 4:56 PM)

1.2.a.3. Mulai Dari Diri

Visible to participants on this course

https://drive.google.com/file/d/1N-8aUuxzD_-oKJOQYu8rNKM-h81aubpK/view?usp=drive_link

Permalink 1 comment (latest comment by YUYUN YULIANI , Monday, 22 April 2024, 5:28 PM)

New blog post

Visible to participants on this course

https://drive.google.com/file/d/1b3_Oy-KuNSLd_6-Sod8FGRVW9_d8dqJ7/view?usp=drive_link

Permalink 1 comment (latest comment by YUYUN YULIANI , Sunday, 21 April 2024, 8:49 PM)

New blog post

Visible to participants on this course


Permalink 1 comment (latest comment by YUYUN YULIANI , Sunday, 21 April 2024, 8:19 PM)

Trapesium Usia dan Nilai-nilai Guru Penggerak

Visible to participants on this course
Edited by MUTIA MUNAWAROH, Wednesday, 3 April 2024, 7:50 AM

TUGAS 1.2.a.3 Mulai Dari Diri – Trapesium Usia_Nilai dan Peran Guru Penggerak

Oleh Mutia Munawaroh, S.Pd.


Tugas 1. Refleksi

1.      Apa peristiwa positif dan negatif yang saya tuliskan di sana?

Peristiwa Positif

Saat saya berusia 12 tahun, saat itu saya duduk di bangku Sekolah Dasar kelas 6. Wali kelas saya sangat perhatian kepada saya dan teman-teman sekelas. Beliau memiliki ciri khas suara yang lantang dan selalu memberikan materi dengan sabar dan diselingi nyanyian, beliau memang sangat menyukai bernyanyi dan suaranya bagus. Saya sangat senang memiliki wali kelas seperti beliau, sehingga saya menjadi termotivasi pada semua mata pelajaran yang beliau ajarkan dan benar saja saya menjadi peringkat pertama di kelas pada saat itu. Padahal sebelumnya saya ada di peringkat 6. Dimulai dari situlah rasa tanggung jawab dalam belajar muncul. Kemudian saya berhasil masuk ke SMP favorit dan kebetulan memiliki guru matematika yang tipenya sama dengan guru SD saya, beliau sangat sabar menuntun dan membimbing saya, semakin semangatlah saya sehingga berhasil menjadi juara umum selama 3 tahun berturut-turut. Saya merasa itu menjadi tahun keemasan saya pada masa sekolah. Rasa percaya diri semakin muncul ketika saya masuk tim inti club basket di sekolah saya.

Peristiwa Negatif

Saat usia saya 17 tahun dan duduk di bangku SMA, kebetulan saya dipercaya menjadi ketua kelas. Saat itu pelajaran Kimia dengan guru yang disukai oleh teman-teman. Pergantian jam pun tiba, guru kimia sudah keluar kelas namun meninggalkan beberapa tugas. jadi, saya dan teman sekelas asik mengerjakan tugas tersebut sambil menunggu guru Bahasa Inggris datang ke kelas. Selang 15 menit guru tersebut tak kunjung datang ke kelas. Maka saya sebagai ketua kelas berinisiatif untuk menjemput beliau ke kantor. Betapa kagetnya saya ketika menghadap beliau, beliau marah membentak saya dengan kata-kata “ketua kelas tidak bertanggung jawab” di depan guru lain dan tidak mau masuk kelas dengan alasan saya telat menjemput dan beliau beranggapan kelas kami tidak mau belajar bahasa inggris. Saya dan teman saya sampai berlutut di samping meja beliau, agar beliau mau masuk kelas kami, namun gagal dan beliau berkata “ i dont need your reason”. Hal itu membuat saya malu, dan kaget sampai meneteskan air mata. Peristiwa itu masih sangat berbekas di hati saya.

 2.      Selain saya, siapa lagi yang terlibat di dalam masing-masing peristiwa tersebut?

Peristiwa Positif

Saya, wali kelas SD, guru matematika SMP dan teman ekskul basket

Peristiwa Negatif

Saya, guru Bahasa Inggris dan teman sekelas

3.      Dampak emosi apa saja yang saya rasakan hingga sekarang?

Peristiwa Positif

Senang, bangga, semangat dan percaya diri

Peristiwa Negatif

Shock, malu, sedih, dan kecewa

4.      Mengapa momen yang terjadi di masa sekolah masih dapat saya rasakan dan masih dapat memengaruhi diri saya di masa sekarang?

Momen yang dirasakan ketika masih duduk di masa sekolah ada dua kejadian yang berbeda yaitu peristiwa positif dan peristiwa negatif. Momen tersebut sangat memberikan kesan mendalam sehingga masih bisa dirasakan dan mempengaruhi diri saya di masa sekarang karena kedua peristiwa tersebut mengajarkan saya banyak hal.Peristiwa positif mengajarkan saya tentang rasa percaya diri, saya semangat dan pantang menyerah. Sedangkan peristiwa negatif mengajarkan saya untuk bangkit, lebih tanggung jawab dan memperbaiki apa yang dirasa salah. Dari kedua peristiwa tersebut membuat saya mampu memiliki karakter dan pola pikir yang kuat, menjadi inspirasi untuk menghadapi tantangan dan berusaha menjadi lebih baik

5.      Pelajaran hidup apa yang saya peroleh dari kegiatan trapesium usia dan roda emosi, terkait peran saya sebagai guru terhadap peserta didik saya?

Dari kegiatan trapesium usia dan roda emosi plutohik, saya memperoleh pelajaran hidup penting tentang empati dan pengelolaan emosi sebagai guru terhadap peserta didiknya. Saya belajar betapa pentingnya memahami perasaan, berkomunikasi yang baik dengan murid dan memahami kebutuhan murid dalam berbagai tahap perkembangan mereka serta bagaimana menghadaoi beragam emosi yang muncul dari murid. Pengaruh pendidik sangatlah besar terhadap kelangsungan emosional dan pentingnya dalam memberikan kenyamanan berinteraksi, berekspresi dan mengelola emosi dengan baik.

6.      Bagaimana saya menuliskan nilai-nilai yang saya yakini sebagai seorang Guru, dalam 1 atau 2 kalimat menggunakan kata-kata: "guru", "murid", "belajar", "makna", "peran"?

Guru memiliki peran penting dalam menghadirkan pembelajaran yang bermakna bagi murid

 

Tugas 2. Nilai dan Peran Guru Penggerak Menurut Saya

1.      Apa nilai-nilai dalam diri saya yang membantu saya menggerakkan murid, rekan guru, dan komunitas sekolah saya?

  • Saya adalah orang yang senang berbagi ilmu, mengimbaskan kepada rekan sejawat tanpa pamrih
  • saya orang yang mampu bekerja sama dengan baik serta komunikatif
  • saya mampu memberikan solusi terkait pembelajaran kepada rekan sejawat
  • Saya orang yang terbuka akan penilaian yang diberikan oleh orang lain
  • saya orang yang senang belajar untuk meningkatkan kompetensi saya mengenai pembelajaran yang berpusat pada murid.

2.      Apa peran yang selama ini saya mainkan dalam menggerakkan murid, rekan guru, dan komunitas sekolah saya?

  • Memberikan teladan kepada murid dan selalu berusaha menghadirkan pembelajaran yang bermakna
  • Memberikan ide akan program yang akan dilakukan di sekolah dan mengkomunikasikan kepada kordinator kelas/paguyuban kelas
  • Selalu memberikan motivasi kepada rekan sejawat untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik


Permalink 1 comment (latest comment by YUYUN YULIANI , Sunday, 21 April 2024, 8:08 PM)

New blog post

Visible to participants on this course

 

Permalink 1 comment (latest comment by YUYUN YULIANI , Sunday, 21 April 2024, 7:45 PM)

Mulai dari diri Modul 1.2 Nilai dan Peran Guru Penggerak, Trapesium Usia dan Roda Emosi

Visible to participants on this course
Edited by DEDE YUSUF, Wednesday, 3 April 2024, 11:11 AM

Mulai dari Diri

Modul 1.2

Nilai dan Peran Guru Penggerak, Trapesium Usia dan Roda Emosi

 

Dede Yusuf

CGP Angkatan 10

Kabupaten Bekasi

 

 TRAPESIUM USIA

 Trapesium Usia

Pengalaman Negatif

-        Pada saar usia 14 Tahun saat masih di bangku sekolah SMP saya diminta untuk ikut kegiatan penjelajahan dan perkemahan. Pada saat ini guru saya menyuruh saya untuk jalan pada pagi hari jam 2 pagi di loji, karawang. Di saat itu saya memberanikan diri untuk jalan pagi pagi dan kami sekelompok terdiri dari 6 orang kaget dan takut karena kami di perjalanan di takut takuti oleh sebuah pocong buatan guru kami. Tapi sejujurnya saya tidak takut, hanya saja kami kaget jadi kami semua lari kalang kabut. 

 

Pengalaman Positif

-        Pada saat saya duduk di kelas 11 SMA, saya baru saja “jatuh cinta” pada mata pelajaran komputer sehingga saya sering sekali main ke lab. komputer pada saat itu.  Karena pembelajaran yang nyaman dan guru menyilahkan saya menjadi koordinator di setiap kelas aya praktik. Sehingga saya menjadi lebih terampil dalam menggunakan komputer.

Mengapa moment yang terjadi di masa sekolah masih dapat di rasakan dan mungkin masih dapat memengaruhi diri Anda di masa sekarang?

 Menurut pendapat saya. Alasan mengapa moment yang terjadi di masa sekolah masih dapat dirasakan dan mungkin masih mempengaruhi diri saya dimasa sekarang dikarenakan setiap manusia memiliki rekaman memori dalam otaknya yang akan selalu tersimpan dan akan terbuka pada saat tertentu.

Setiap pengalaman yang dialami setiap anak akan selalu di rekam dan tertanam kuat dalam memori anak. Apalagi pada masa kanak-kanak hingga remaja, setiap pengalaman akan tertanam kuat dalam memori mereka. Pengalaman positif akan membawa energy dan karakter positif bagi anak. Sedangkan pengalaman negatif akan membawa energy dan karakter negatif bagi anak.

 

Menurut Anda, Apa saja peran dari seorang guru jika dikaitkan dengan trapesium usia?

Jika dikaitkan dengan trapesium usia, guru memegang peranan yang sangat penting untuk memberikan dan menanamkan energy dan pengalaman positif kepada setiap anak pada usia sekolah.

Guru berperan sebagai motivator yang selalu memotivasi anak didiknya untuk mengembangkan peran positifnya. Guru juga berperan sebagai pembimbing dan penuntun anak didiknya untuk menemukan postensi dirinya.

Yang terpenting disini guru harus bias menjadi teladan dalam segala hal bagi anak didiknya. Teladan dalam berbicara, bertingkah laku, berpenampilan dll. Karena setiap yang dilakukan oleh guru akan terekam dalam memori anak didiknya. Ketika guru melakukan hal negatif  maka itu akan menjadi pengalaman negatif bagi anak didiknya, begitu juga hal positif maka itu akan menjadi pengalaman positif bagi anak didiknya. Apa yang ditanamkan, diajarkan, diteladani oleh guru di masa usia sekolah, akan menjadi bekal bagi anak didiknya untuk menjalani dan menyelesaikan usia aktif/kerja dimana mereka akan berhadapan langsung dengan lingkungan kerja yang sebenarnya.

 

Kalimat yang menggambarkan nilai nilai yang saya percayai sebagai guru : Guru, murid, belajar bermakna.

 

Guru adalah pelita yang akan menuntun dan membimbing murid – muridnya untuk mendapatkan dan merasakan pengalaman belajar yang bermakna.

Guru adalah teladan nyata bagi murid – muridnya yang akan selalu memberikan proses belajar yang bermakna dan bermanfaat bagi bekal mereka menjalani kehidupan yang sebenarnya.

 

Ing ngarso sung tulodho

Ing madyo mangun karso

Tut wuri handayani

-        Ki Hajar Dewantara

 

Salam dan Bahagia.


Permalink Edit Delete 1 comment (latest comment by YUYUN YULIANI , Sunday, 21 April 2024, 3:57 PM)

1.2.a.3. Mulai dari diri - Modul 1.2

Visible to participants on this course

https://drive.google.com/file/d/1xiEGW5V45C1jf8a3JB1AfcszDNvlkki1/view?usp=sharing

Permalink 1 comment (latest comment by YUYUN YULIANI , Sunday, 21 April 2024, 8:16 AM)

Peristiwa Positif dan Negatif yang Saya Alami

Visible to participants on this course
Edited by MEGA PERBAWATI, Tuesday, 2 April 2024, 2:04 PM

https://drive.google.com/file/d/1LYnaC8zzdSR2oewQHZp52H8Le_qF4Pob/view?usp=drive_link

Permalink 1 comment (latest comment by YUYUN YULIANI , Sunday, 21 April 2024, 8:03 AM)
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama